Cara Pemberian Pakan Kelinci

Cara Pemberian Pakan Kelinci - Dalam posting sebelumnya yang berjudul "Macam-Macam Pakan Kelinci", saya sudah menjelaskan jenis-jenis makanan yang dapat anda berikan untuk kelinci kesayangan anda. Disitu saya juga sudah menjelaskan sedikit mengenai keunggulan dan kelemahan dari masing-masing makanan tersebut. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan makanan untuk kelinci-kelinci kesayangan anda tersebut (ini berdasarakan cara yang digunakan di Tabos Rabbit).
pemberian pakan kelinci
Perlu diketahui bahwa di alam liar kelinci makan dan tidur sepanjang waktu, jadi tidak ada waktu-waktu tertentu untuk dia mencari makan (sebenarnya kebanyakan lebih aktif mencari makan pada malam hari).
Bagi kelinci peliharaan, tentu saja hal ini tidak mungkin. Semuanya tergantung kepada kita sebagai pemelihara, baik tidaknya cara pemberian pakan yang kita terapkan akan sangat mempengaruhi kesehatan dari kelinci kesayangan kita. Berdasarkan pengalaman saya dan dari beberapa sumber, pemberian pakan secara terjadwal adalah lebih baik ketimbang pemberian pakan yang sekaligus banyak dalam satu waktu. Dan sistem yang saya gunakan di Tabos Rabbit adalah sebagai berikut :

Pola Pemberian Pakan Kelinci

  • Pagi sekitar jam 9, adalah pemberian pakan pertama berupa pelet dan air minum. (lihat nipple minum kelinci)
  • Sore sekitar jam setengah 5, adalah pemberian pakan kedua yang masih berupa pelet dan menambahkan air pada botol-botol minuman yang sudah kosong. Biasanya pada saat ini saya / penjaga kandang akan sekaligus memeriksa kondisi dari masing-masing kelinci, kalau-kalau ada yang menunjukkan gejala sakit.
  • Malam sekitar jam 8, adalah pemberian pakan ketiga berupa hijauan yang volumenya agak banyak. Hal ini saya sengaja, karena kelinci biasanya lebih aktif untuk makan di malam hari ketimbang siang hari.
Sumber
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar