Pertumbuhan Anak Kelinci

Pada usia kehamilan 29 - 32 hari biasanya induk kelinci sudah melahirkan (biasanya pada malam hari). Anak-anak kelinci dilahirkan dalam keadaan buta, tuli, dan tidak berbulu. Induk kelinci akan menutupi tubuh anak-anaknya dengan bulu dan rumput-rumput kering dalam kotak agar tidak kedinginan.
pertumbuhan anak kelinci
Sebelumnya Tabos Rabbit sudah memposting "Cara Mengawinkan Kelinci" dan "Kehamilan Kelinci", silahkan di-klik untuk menuju artikelnya.
Pada umur 7 hari, bulu-bulu pada tubuh anak kelinci sudah mulai tumbuh dan matanya juga sudah mulai terbuka. Pada usia 10 - 11 hari, anak-anak kelinci sudah dapat melihat dengan baik. Sejak lahir, induk kelinci akan menyusui anaknya sebanyak 2 kali, yaitu pada pagi hari (sekitar subuh) dan sore hari (sekitar maghrib).
pertumbuhan anak-anak kelinci
Pada usia 17 - 18 hari, anak-anak kelinci sudah mulai keluar dari kotak. Mereka akan meloncat-loncat, berlari-lari, dan akan berusaha untuk menyusu kepada induknya. Biasanya saat-saat ini mereka akan mengganggu sang induk kelinci, si induk akan susah untuk makan karena berusaha menghindari anak-anaknya yang memaksa untuk menyusu.
pertumbuhan dari anak kelinci
Pada usia 20 - 21 hari, anak-anak kelinci sudah mulai belajar untuk makan. Mereka akan memperhatikan dan mengikuti induknya. Dan 3 sampai 4 hari kemudian, anak-anak kelinci sudah benar-benar bisa makan seperti induknya, namun masih tetap menyusu kepada induknya.
Anak-anak kelinci dapat disapih dari induknya sekitar usia 8 minggu (56 hari). Namun jika ingin menyapih lebih awal juga bisa, yaitu pada usia 45 hari (karena pada usia 6 minggu/42 hari, biasanya air susu induk kelinci sudah mulai berkurang).
Angka kematian anak-anak kelinci setelah disapih biasanya tinggi, yaitu antara 20 - 30%. Angka prosentase kematian ini dapat meningkat jika kondisi kandang kelinci, sanitasi, dan pakan buruk. Namun angka kematian juga dapat dikurangi jika faktor-faktor pendukung seperti yang saya sebutkan diatas baik.
 
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar